SANGGARBisnisOnline.Com

Tuesday, January 22, 2013

Apa Itu Affiliate?


Affiliate atau dalam bahasa Indonesia Afiliasi adalah program kerjasama bisnis online yang terjalin antara pemasar (affiliate marketer) dengan perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant), dimana affiliate marketer bertugas memasarkan produk barang atau jasa dari affiliate merchant, dan akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan barang atau jasa tersebut.

Misalkan anda menjadi affiliate marketer, dari affiliate merchant yang menjual barang biasanya hanya memberikan komisi jika barangnya berhasil terjual oleh anda. Sedangkan dari affiliate merchant yang menjual jasa/layanan lebih menguntungkan, karena mereka menawarkan 3 komisi, yaitu :
1) Memberikan komisi dari hasil penjualan jasa mereka oleh anda.
2) Memberikan komisi dari hasil anda merekrut affiliate marketer baru (sub affiliate/downline affiliate)
3) Memberikan komisi dari hasil penjualan jasa mereka oleh sub affiliate/downline affiliate anda.

Besarnya komisi berbeda-beda, tergantung dari peraturan yang dibuat oleh affiliate merchant. Disarankan memahami peraturannya sebelum memutuskan menjadi affiliate marketer.

Affiliate marketer dapat memasarkan produk affiliate di website, blog, email, juga jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Semakin banyak pemasaran dan semakin banyak media yang digunakan, peluang mendapatkan komisi semakin besar. Affiliate marketer akan mendapatkan URL affiliate sebagai alat pemasarannya.

Contoh URL affiliate seperti ini :

Sistem affiliate saya rasa saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Bagi affiliate merchant terbantu dalam pemasaran produk mereka, dan bagi affiliate marketer jadi mendapat penghasilan tambahan dari komisi hasil penjualan.

Lalu apa bedanya affiliate dengan reseller? Nah, affiliate tentu berbeda dengan reseller. Bedanya…akan saya jelaskan di artikel berikutnya yah, biar ga kepanjangan…^_^

Semoga bermanfaat…^_^

No comments:

Post a Comment